Halaman ini adalah versi tampilan cetak (print view) dari:
http://sabda.org/publikasi/e-leadership/48 |
|
e-Leadership edisi 48 (10-6-2009)
|
|
==============MILIS PUBLIKASI E-LEADERSHIP EDISI JUNI 2009============ PENILAIAN YANG BAIK (I) e-Leadership 48 -- 10/06/2009 DAFTAR ISI EDITORIAL ARTIKEL: Penilaian yang Baik KUTIPAN INSPIRASI: Menilai Bukan Berarti Membandingkan JELAJAH SITUS: Dr. Yakob Tomatala ==================================**================================== EDITORIAL Seorang pemimpin harus tajam dalam menilai. Dalam melaksanankan peranannya, ia harus menilai segala sesuatu dengan baik, sehingga apa yang dilakukannya memberi manfaat bagi komunitasnya dan masing-masing individu yang ada dalam komunitas itu. Nah, dalam hal apa saja seorang pemimpin harus menilai dengan baik? Menurut artikel yang kami sajikan di bawah ini, setidaknya ada empat hal yang di dalamnya seorang pemimpin harus melakukan penilaian yang baik. Apa sajakah keempat hal itu? Silakan Anda simak. Meski demikian, sebenarnya tidak hanya pemimpin yang harus melakukan penilaian yang baik. Siapa pun kita, apapun profesi kita, kita sering kali menilai segala sesuatu yang ada di sekitar kita. Sayangnya, kita sering kali terjebak dalam suatu cara menilai yang kurang tepat. Karena itu, kami telah menyiapkan sebuah Inspirasi yang kami harap dapat membantu Anda untuk lain kali melakukan penilaian yang baik -- menilai seperti Yesus menilai. Selamat menyimak! Semoga mendapat berkat! Pimpinan Redaksi e-Leadership, Dian Pradana Maka berikanlah kepada hamba-Mu ini hati yang faham menimbang perkara untuk menghakimi umat-Mu dengan dapat membedakan antara yang baik dan yang jahat, sebab siapakah yang sanggup menghakimi umat-Mu yang sangat besar ini?" (1 Raja-raja 3:9) < http://sabdaweb.sabda.org/?p=1Raja-raja+3:9 > ==================================**================================== ARTIKEL PENILAIAN YANG BAIK Diringkas oleh: Dian Pradana Ketajaman -- kemampuan untuk menilai segala tindakan dengan bijaksana -- adalah salah satu karakter yang harus ada dalam kepemimpinan rohani. Salomo memperlihatkan betapa hal ini sangat diperlukan. Saat Tuhan mengatakan bahwa Ia akan memberikan segala yang ia minta, ia meminta hikmat. Tanpanya, katanya, tidak ada raja yang dapat memerintah rakyatnya dengan baik. "Dan Allah memberikan kepada Salomo hikmat dan pengertian yang amat besar, serta akal yang luas seperti dataran pasir di tepi laut" (1 Raj. 4:29). Seorang kepala adalah pemimpin kawanan domba yang mengerjakan wewenangnya. Jika ia keluar dari jalur, kawanan dombanya akan berjalan dalam kebingungan. Seperti mata merupakan cahaya bagi seluruh tubuh, begitu juga gembala bagi kawanan dombanya: Kamu adalah terang dunia (Mat. 5:14). Apakah tubuh akan dibimbing dalam jalan yang lurus atau berkelok, itu tergantung dari mata -- penglihatannya jelas atau kabur. Saat seseorang menerima tanggung jawab untuk memimpin orang lain, ia layaknya kepala gereja dalam Perjanjian Lama, yang melayani Allah di Bait Suci. Kepala gereja memakai "tutup dada pernyataan keputusan" yang dihiasi dengan empat jajar permata. Empat jajar permata itu merepresentasikan empat bidang yang di dalamnya seorang pemimpin harus melakukan penilaian yang baik, agar mengerti apa yang harus dilakukan dan bagaimana melakukannya. MEMIMPIN BAWAHAN UNTUK TERUS HIDUP DALAM KEHIDUPAN KRISTEN Seorang pemimpin yang membantu bawahannya untuk terus hidup dalam kehidupan Kristen yang baik harus mengenali kebiasaan, kemampuan, dan hati nurani mereka secara menyeluruh. Sehingga ia dapat menempatkan setiap orang di tempat yang tepat. Karena setiap orang menerima dari Allah karunianya yang khas, yang seorang karunia ini, yang lain karunia itu (1 Korintus 7:7). Seorang pemimpin itu seperti Harun dan anaknya: Harun dan anak-anaknya haruslah masuk ke dalam dan menempatkan mereka masing-masing di tempat tugasnya dekat barang yang harus diangkat (Bilangan 4:19). Ia harus tahu karakter para bawahannya sehingga ia dapat memberikan tugas yang tepat. Pekerjaan ini membutuhkan tiga tingkat kewaspadaan. "Tutup dada pernyataan keputusan" kepala gereja memiliki empat jajar permata dengan tiga permata di setiap jajarnya. Tiga permata ini melambangkan tingkat kewaspadaan yang diperlukan untuk memenuhi tugas ini. 1. Kewaspadaan pemimpin yang pertama adalah membantu sedapat mungkin komunitas dan orang-orang yang dipimpinnya untuk menjaga komitmen mereka kepada Tuhan meski hal tersebut menimbulkan pergolakan besar dan kerugian bagi seluruh komunitas. "Siapakah yang akan memisahkan kita dari kasih Kristus? Penindasan atau kesesakan atau penganiayaan, atau kelaparan atau ketelanjangan, atau bahaya, atau pedang?" (Roma 8:35). Komitmen komunitas kepada Tuhan harus selalu menjadi perhatian utama. Pemimpin harus melindungi komitmen tersebut di atas segalanya. 2. Kewaspadaan yang kedua adalah bahwa seorang pemimpin harus mendorong mereka yang berkomitmen untuk selalu berusaha mencapai tingkat tertinggi kesabaran, kerendahan hati, kasih, dan karakter-karakter lain; tegas dan sederhana dalam penggunaan material; serta adil dan tidak berlebihan dalam merespons masalah. Seorang pemimpin harus mendorong, memperingatkan, dan memberi saran orang-orang yang dipimpinnya melalui teladannya. Pemimpin harus mengajar dan menginspirasi bawahannya untuk tidak hanya memegang jalan keselamatan, namun juga untuk mengarahkan diri mereka kepada hidup yang lebih sempurna. Hal ini akan membimbing mereka kepada kemuliaan surga. 3. Kemudian kewaspadaan yang ketiga adalah tentang seberapa keras peraturan komunitas itu harus dijaga. Seorang pemimpin harus menyeimbangkan ketegasan dan kelunakan. Peraturan yang terlalu keras akan membuat seorang pemimpin tidak disukai oleh para pengikutnya, yang berujung pada keengganan mereka melakukan apa yang diinginkan oleh seorang pemimpin. Namun, jika seorang pemimpin terlalu lunak, masalah yang lebih besar akan terjadi, dan kedisiplinan dalam komunitas akan mengalami kegagalan total. MENGOREKSI PERILAKU YANG TIDAK BENAR Ada tiga jenis penyerang dalam komunitas, dan penilaian seorang pemimpin diuji saat menentukan bagaimana ia harus mengembalikan setiap tipe penyerang itu ke dalam kehidupan komunitas yang benar. 1. Beberapa orang segera bertobat setelah mereka melakukan suatu tindakan yang salah. Menghadapi tipe perilaku seperti ini, seorang pemimpin harus menggunakan obat yang disebut "pengampunan". Pelaku harus benar-benar memperbaiki kesalahan dan bertobat. Hukuman yang diberikan harus cukup berat agar yang lain tidak melakukan hal yang sama, namun juga cukup ringan agar pelaku merasa tidak menyesal telah bertobat karena kesalahannya. Seorang pemimpin yang memberikan hukuman juga harus bersikap mengampuni, sehingga, jika suatu saat nanti ia melakukan kesalahan yang sama, ia juga bersedia mendapatkan hukuman yang sama. 2. Beberapa orang, jika mereka bersalah, malah menyembunyikan, membela diri, dan meminimalisir kesalahannya. Menghadapi tipe perilaku seperti ini, seorang pemimpin lebih baik menunggu, meski ia sudah mengetahui perilaku salah itu sejak lama. Ia harus sabar dan mengabaikan dosa yang belum dapat ia koreksi. Sementara itu, ia harus berdoa agar pelaku tersebut bertobat. Mungkin pada akhirnya, Tuhan akan mengoreksi perilaku dosa itu atau menyingkapkan dosa yang ditutupi sehingga koreksi akhirnya dapat dilakukan. Di samping itu, seorang pemimpin juga harus memperingatkan komunitasnya agar waspada akan adanya dosa yang ditutupi. 3. Jenis yang lain adalah mereka yang mau secara publik mengakui kesalahan, namun menolak menerima koreksi. Kadang mereka berpura-pura menerima koreksi, namun tidak sungguh-sungguh memperbaiki perilaku mereka. Keadaan ini sangat berbahaya bagi anggota komunitas lain. Menghadapinya, seorang pemimpin harus mempertimbangkan untuk mengeluarkan orang tersebut jika -- secara berbarengan -- terjadi keempat hal ini: kesalahannya serius; serangannya bersifat publik; pelaku bandel dan sepertinya tidak ada harapan untuk dikoreksi; dan orang lain dalam komunitas terpengaruh oleh perilakunya. MENANGANI TUGAS-TUGAS ADMINISTRATIF Seorang pemimpin yang baik mendelegasikan tanggung jawab administratif sedapat mungkin kepada orang lain. Keperluan sehari-hari kehidupan memang harus ditangani, namun seorang pemimpin yang menerjunkan dirinya pada hal itu berisiko tidak melihat hal yang lebih penting, bagian yang lebih mulia dari peranannya. Dalam pikirannya, ia seharusnya cenderung melihat hal-hal yang penting bagi keselamatan. " ... kaucarilah dari seluruh bangsa itu orang-orang yang cakap dan takut akan Allah, orang-orang yang dapat dipercaya, dan yang benci kepada pengejaran suap; tempatkanlah mereka di antara bangsa itu menjadi pemimpin seribu orang, pemimpin seratus orang, pemimpin lima puluh orang dan pemimpin sepuluh orang. Dan sewaktu-waktu mereka harus mengadili di antara bangsa; maka segala perkara yang besar haruslah dihadapkan mereka kepadamu, tetapi segala perkara yang kecil diadili mereka sendiri; dengan demikian mereka meringankan pekerjaanmu, dan mereka bersama-sama dengan engkau turut menanggungnya" (Kel 18:21-22). "Kami tidak merasa puas, karena kami melalaikan Firman Allah untuk melayani meja. Karena itu, saudara-saudara, pilihlah tujuh orang dari antaramu, yang terkenal baik, dan yang penuh Roh dan hikmat, supaya kami mengangkat mereka untuk tugas itu, dan supaya kami sendiri dapat memusatkan pikiran dalam doa dan pelayanan Firman" (Kis. 6:2-4). Bila komunitas diumpamakan sebagai tubuh, maka pemimpin adalah kepalanya. Kepalalah yang bertanggung jawab atas segala pekerjaan bagian tubuh. Kepala bekerja sebagai koordinator fungsi sistem saraf tubuh, yang tidak melakukan satu tugas spesifik tertentu, namun menangani kebutuhan setiap anggota tubuhnya. Pemimpin harus mengambil tanggung jawab pribadi terhadap masalah-masalah spiritual komunitasnya. Sebagai pemimpin, ia harus mengerahkan energinya terutama untuk hal-hal yang menyangkut pertumbuhan rohani dan keselamatan kekal. Ia harus mengusahakan agar komunitasnya penuh kasih dan kedamaian. Ia harus mengerti kondisi moral setiap anggota komunitas dan membantu setiap orang mengatasi masalah. Ia harus meramalkan dan mencegah bahaya yang mungkin menimpa anggota komunitas karena dosa mereka. Ia memperingatkan mereka untuk memperbaiki tingkah laku. Ia memotivasi dan mengoreksi apa yang harus dikoreksi. Ia memberi setiap anggota pekerjaan yang cocok sehingga semua orang dapat melakukan dengan benar apa yang harus mereka lakukan bagi komunitas. MEMIMPIN DIRI SENDIRI Yang paling penting dari semuanya adalah bahwa seorang pemimpin harus menjaga kehidupan rohaninya sendiri, yang berujung pada pemeriksaan diri dalam tiga bidang. 1. Bidang yang pertama adalah hati nurani. Jika hati nuraninya bersih, tindakan seorang pemimpin mulia dan motifnya murni. Ia tidak berkehendak, melakukan, memerintahkan, atau mengizinkan sesuatu yang bertentangan dengan komitmen dalam komunitas, yang melanggar norma dan hukum, serta yang melibatkan skandal dan dosa. Ia tidak melakukan atau mendorong terjadinya suatu kebaikan demi kemuliaan manusia, melainkan demi menyenangkan Allah. Apapun yang seorang pemimpin lakukan untuk Allah, sebagai seseorang yang bertindak atas nama-Nya, harus dilakukan demi kepentingan Allah. Karena itu, seorang pemimpin harus memeriksa hati nuraninya -- apakah kotor atau bersih. Jika selama ini ia telah melakukan kesalahan, ia sebaiknya bertobat dan meminta Tuhan membantunya berubah. Namun jika selama ini ia telah berbuat baik, seorang pemimpin dapat bersukacita tanpa harus membanggakan diri sendiri, karena sebenarnya Allah-lah yang telah membantunya melakukan sesuatu yang baik. 2. Bidang yang kedua adalah tingkah laku dan perkataannya saat ia melayani orang lain. Sebagai seseorang yang hidupnya diabdikan untuk orang lain, seorang pemimpin harus memberi teladan yang baik. Semua yang ia lakukan harus seimbang. Tidak terlalu tegas atau lunak; tidak terlalu tertutup atau terbuka; tidak terlalu banyak atau sedikit menghabiskan waktu dengan anggota komunitas; tidak terlalu mengawasi atau mengabaikan kegiatan anggota komunitas; dll.. Tentunya sangat sulit untuk mencapai keseimbangan yang sempurna, namun apa yang biasanya menghasilkan sesuatu yang baik secara konsisten adalah menjadi sebaik mungkin. Kebaikan membuat anggota komunitas mengasihi pemimpin, menaati pemimpin dengan tulus, serta mengadukan masalah mereka kepada pemimpin dengan tidak ragu-ragu. Hal ini pada akhirnya memudahkan seorang pemimpin untuk membawa mereka kepada Kristus. 3. Lalu, bidang yang terakhir adalah hikmat dalam memercayai penilaian baiknya sendiri. Tidak seperti mata yang melihat segalanya kecuali dirinya sendiri, hikmat tidak boleh gagal melihat dirinya sendiri. Musuh yang paling besar bagi seorang pemimpin adalah merasa dirinya sendiri benar. Karena itu, seorang pemimpin harus bersedia mencari dan mendengarkan nasihat dari orang yang tepat -- bukan penjilat atau pun pengumpat. Ada tiga keuntungan saat pemimpin mencari nasihat. Pertama, saat orang lain setuju dengan keputusannya, ia lebih percaya diri bahwa dia tidak melakukan kesalahan. Kedua, jika keputusannya ternyata salah, ia tidak akan terlalu disalahkan seperti seandainya ia mengambil keputusan sendiri. Terakhir, saat pemimpin dengan rendah hari mencari nasihat, Allah akan memberikannya pemahaman yang sebelumnya tidak dimilikinya, yang mungkin berasal dari perkataan orang lain atau pemikirannya sendiri. (t/Dian) Diterjemahkan dan diringkas dari: Judul buku: The Character of a Christian Leader Judul asli bab: Good Judgement Penulis: St. Bonaventure Penerbit: Servant Books, Michigan 1978 Halaman: 41 -- 60 ==================================**================================== KUTIPAN Tanpa penilaian yang baik, sebuah kepemimpinan tidak akan berjalan baik. ==================================**================================== INSPIRASI MENILAI BUKAN BERARTI MEMBANDINGKAN Ditulis oleh: Sri Libe Suryopusoro Di dalam kehidupan ini, sering kali kita diperhadapkan dengan penilaian. Ketika kita masuk sekolah, baik dari tingkat yang terkecil seperti TK sampai tingkat tertinggi di universitas, kita akan menerima hasil penilaian dari orang tertentu. Kita akan dibandingkan dengan standar yang ada atau orang-orang yang bersaing dengan kita. Kita pun cenderung melakukan penilaian dalam kehidupan kita. Kita membandingkan anak kita dengan anak tetangga kita. Dan kita pun mulai berujar, "Mengapa anak saya bodoh?" Sebagai pemimpin, bisa jadi kita tergoda untuk memberikan penilaian. Kita memperlihatkan standar kerja ke orang yang kita pimpin. Lalu kita pun tergoda untuk mengatakan bahwa mereka bukan anak buah yang baik. Sebenarnya hal yang sama pun terjadi di lingkungan orang yang kita pimpin. Mereka juga menilai kepemimpinan kita dan memberikan komentar, apakah kita pemimpin yang baik atau bukan. Sekali lagi, kita akan membandingkan dengan orang lain. Penilaian sering terjadi, dan menurut saya, penilaian bukanlah hal yansg salah. Kita pernah mendengar Tuhan mengutarakan kekecewaan-Nya ketika melihat hamba-Nya tidak melakukan tugasnya dengan baik. Kita juga pernah membaca Tuhan kecewa terhadap imam Eli dan memilih penggantinya karena nilai yang tidak bagus. Anak-anak imam Eli tidak melakukan apa yang benar di hadapan Allah. Nah, bagaimana cara Tuhan memberikan penilaian? Saya tidak menemukan Tuhan membandingkan hamba-Nya dengan orang lain. Dia membandingkan hamba-Nya dengan hamba itu sendiri. Adam misalnya, ketidaktaatannya dibandingkan dengan Adam yang seharusnya. Kemudian Elia, ketika ia lari karena ketakutan, Tuhan hadir dan menyadarkan Elia akan Elia yang Tuhan kenal. Lalu Daud, dosa yang dia lakukan dinilai, dan sekali lagi, Tuhan membandingkan Daud dengan Daud yang seharusnya. Yesus pun melakukan hal yang sama. Hal ini terjadi ketika Marta protes dan meminta penilaian dari Yesus. Marta merasa sudah sangat rajin melayani Yesus dan membandingkan diri dengan Maria. Namun, Yesus tidak terjebak dengan penilaian tersebut. Dia tidak membandingkan Maria dengan Marta, melainkan memberi tahu bahwa Maria sudah mengambil pilihan yang baik. Petrus, yang sudah mengkhianati Yesus, tidak dibandingkan dengan Yohanes atau murid lainnya. Yesus justru memberikan Petrus kekuatan untuk menjadi dirinya yang sesungguhnya. Buat saya, itulah inti penilaian. Membandingkan diri mereka sendiri dengan diri mereka yang seharusnya. Anak yang sudah belajar giat tetapi tetap mendapatkan nilai yang buruk, perlu kita beri ucapan selamat. Karena mereka sudah bisa mencapai hasil maksimal yang bisa mereka capai. Anak yang sangat pintar, yang setiap hari hanya santai-santai tapi mendapatkan nilai yang bagus, perlu kita tegur karena mereka seharusnya bisa mencapai lebih dari yang saat ini mereka capai. Penilaian kita bukan lagi berdasarkan hasil, tetapi usaha mereka. Peringkat di kelas tidak lagi berdasarkan rata-rata hasil ujian, melainkan seberapa keras mereka belajar. Kinerja kita dinilai bukan berdasarkan prestasi diri kita -- seberapa banyak kita bisa menjual produk, merekrut orang, dsb. -- melainkan sejauh mana kita berusaha. Kita bandingkan dengan diri kita sendiri. Jika kita memang mampu mendapatkan nilai 10 dan kita hanya mendapatkan nilai 9, maka kita mendapatkan penilaian yang kurang bagus. Sedangkan jika kita memang hanya mampu mendapatkan nilai 7 tetapi kita mendapatkan nilai 8, maka kita akan dinilai sangat bagus. Adilkah hal ini? Kita melihat konsep yang sama dalam perumpamaan talenta. Satu orang diberi satu talenta, yang lain dua, dan lainnya lima. Tuhan tidak membedakan antara orang yang memberikan hasil dua dan lima talenta. Mereka mendapatkan penghargaan yang sama. Bukankah kita akan lebih menghargai yang menghasilkan lima dibandingkan dua? Tetapi Tuhan memperlakukan mereka dengan cara yang sama. Penilaian Tuhan tidak berdasarkan hasil yang mereka capai, melainkan usaha mereka, sesuatu yang mereka lakukan. ==================================**================================== JELAJAH SITUS DR. YAKOB TOMATALA Situs ini merupakan situs pribadi Dr. Yakob Tomatala, seorang pengajar, penulis buku, serta motivator dalam bidang kepemimpinan. Meski nampaknya masih dalam pengembangan, situs ini sudah berisi beberapa bahan yang nampaknya akan membantu menambah wawasan Anda dalam hal kepemimpinan Kristen. Selain artikel-artikel kepemimpinan Kristen, Anda dimungkinkan untuk mengenal profil beliau lebih lengkap, pusat pelatihan kepemimpinan yang didirikannya, serta buku-buku yang telah ditulisnya. Nah, jika Anda tertarik, silakan Anda mengunjungi alamat di bawah ini. Yang jelas, situs ini termasuk situs langka, karena situs berbahasa Indonesia yang khusus memuat bahan-bahan kepemimpinan Kristen, sangat sedikit jumlahnya. ==> http://yakobtomatala.com/ Oleh: Redaksi ==================================**================================== Berlangganan: subscribe-i-kan-leadership(at)hub.xc.org Berhenti: unsubscribe-i-kan-leadership(at)hub.xc.org Kontak e-Leadership: leadership(at)sabda.org Arsip e-Leadership: http://www.sabda.org/publikasi/e-leadership/arsip Situs Indo Lead: http://lead.sabda.org/ Network Kepemimpinan: http://www.in-christ.net/komunitas_umum/network_kepemimpinan ______________________________________________________________________ Redaksi e-Leadership: Dian Pradana dan Sri Setyawati Kontributor: Sri Libe Suryopusoro e-Leadership merupakan kerjasama antara Indo Lead, YLSA, dll. Didistribusikan melalui sistem network I-KAN Bahan ini dapat dibaca secara on-line di: http://www.sabda.org/publikasi/e-leadership/ Copyright(c) 2009 oleh YLSA http://www.ylsa.org/ ~~ http://katalog.sabda.org/ Rekening: BCA Pasar Legi Solo No. 0790266579 / a.n. Yulia Oeniyati ==================================**==================================
|
|
© 1997-2016 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)
Isi boleh disimpan untuk tujuan pribadi dan non-komersial. Atas setiap publikasi atau pencetakan wajib menyebutkan alamat situs SABDA.org sebagai sumber dan mengirim pemberitahuan ke webmaster@sabda.org |